Tuesday, May 29, 2012

Berkenalan dengan Sang Bhut Jolokia

Berkenalan dengan Sang Bhut Jolokia


Entah darimana datangnya inspirasi ingin bertanam salah satu cabe terpedas didunia ini. Inspirasi mendadak yg membawa saya mencari penjual biji cabe, dan kebetulan di salah satu forum terbesar komunitas dunia maya (kaskus) Indonesia, sudah ada yg hoby mengkoleksi dan menjual buahnya. Alhasil, inspirasi yg membawa kegiatan pada hoby baru yaitu menanam cabe ini terlaksana. Bhut Jolokia, salah satu cabe pertama yang akan coba saya semai dan tanam di tanah Indonesia.

Bhut Jolokia adalah salah satu cabe yg memiliki kepedasan luarbiasa. Cabai yang berasal dari negri india ini diperkirakan memiliki ukuran kepedasan (SHU) berkisar pada 801,180 - 1,392,452 SHU. Bisa dibayangkan kelipatan kepedasannya dibandingkan dengan cabai rawit lokal yang berkisar pada 100.000 SHU. 
 Skala Kepedasan Cabai
  Bhut Jolokia merupakan salah satu cabai terpedas dari 5 jenis cabai terpedas yg untuk sementara ini terdata oleh para ahli dan penggemar tanaman cabai. 4 diantaranya adalah Moruga Scorpion, 7-Pot Chocolate, 7-pot dan Trinidad Scorpion. Berhubung keadaan geografis, suhu dan faktor alam lain di India tidak begitu jauh berbeda dengan Indonesia, maka Bhut Jolokia bisa mudah tumbuh di sini (Indonesia).

 Secara fisik, cabai ini bentuknya lebih besar dari cabai merah biasa. Hijau ketika mentah, dan menjadi merah saat masak. Bentuk daun dari pohonnya juga lebih lebar dari cabai biasa, kira-kira sebesar daun bayam. Secara umum, perawatan cabai ini tidak jauh beda dengan perawatan pohon cabai pada umumnya, dan karenanya, hama serta penyakit yang timbul atau mengganggu pertumbuhan pohon bhut jolokia ini relatif sama dengan pohon-pohon yang lain. Jamur ketika proses kecambah, ulat sampai virus bisa menghinggapi dan menyerang pohon bhut jolokia.

Pohon Bhut Jolokia usia 1 Bulan

Di indonesia sendiri cabai jenis ini belum populer di pasaran, namun dikalangan florist dan hobies cabelover sangat populer dan menjadi favorit, koleksi yang wajib untuk dimiliki. tingkat kepedasan yang luar biasa sudah dibuktikan dan didokumentasikan oleh beberapa orang. Beberapa dokumentasi tersebut diunggah di situs jejaring youtube.

Tes Kepedasan Bhut Jolokia

Menarik bukan si Bhut Jolokia ini ? berawal dari ketertarikan tersbut lah yang pada akhirnya saya termotivasi untuk mengkoleksi dan hobbie pada tanaman cabai. Karena sekali lagi, Bhut Jolokia dalah salah satu cabai terpedas di Dunia, itu artinya masih ada lagi beberapa cabai yang pantas kita coba budidayakan di tanah Indonesia. Apakah iklim dan keadaan tanah di sini dapat melahirkan kepedasan yang serupa ? atau malah tidak menjadi pedas ? itu tergantung hasil sejauh mana kita mencoba bereksperimen. 

Referensi :


No comments:

Post a Comment